Upaya konkret Kemendikbudristek dalam mengakselerasi transformasi pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi melalui kebijakan Merdeka Belajar terus diperkuat..
Sumber :
  • Istimewa

Akselerasi SDM Unggul untuk Indonesia Emas Melalui Pendidikan Vokasi dan Pendidikan Tinggi

Jumat, 8 Desember 2023 - 15:43 WIB

tvOnenews.com – Upaya konkret Kemendikbudristek dalam mengakselerasi transformasi pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi melalui kebijakan Merdeka Belajar terus diperkuat. Melalui Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka, Kemendikbudristek menyemai berbagai kabar baik dari capaian pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi, serta menunjukkan peran pentingnya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Tujuan dari Vokasifest yakni mempromosikan pendidikan vokasi, menyampaikan beragam transformasi dan produk dalam pendidikan vokasi, serta menekankan pentingnya keterampilan praktis untuk memasuki dunia kerja, membangun wirausaha, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) berjudul “Akselerasi SDM Unggul untuk Indonesia Emas” pada Kamis, (7/12).

Dengan serangkaian lokakarya (workshop), gelar wicara (talkshow), pameran (expo), pasar senggol, dan pertunjukan seni, Vokasifest menjadi platform bagi peserta didik vokasi untuk menampilkan kemampuan serta kompetensi mereka, sambil memperkaya khasanah budaya bangsa

“Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa belajar di satuan pendidikan vokasi itu menyenangkan,” ujar Kiki.

Sementara itu, Festival Kampus Merdeka menjadi landasan penting dalam transformasi pendidikan tinggi melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program-program inovatif seperti Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat, dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Praktisi Mengajar, dan Wirausaha Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas serta berkolaborasi dengan dunia industri, dan mendukung pengembangan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Pada tahun ini, Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka akan diselenggarakan bersamaan pada tanggal 11 – 12 Desember 2023 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dengan tajuk “ Vokasifest x Festival Kampus Merdeka”. 

Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya pendidikan vokasi dalam mempersiapkan SDM unggul dan kompeten, serta menyediakan peluang bagi mahasiswa untuk memahami praktik terbaik dalam rangka mengikuti program MBKM secara mandiri di lingkungan kampus.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral