Tim Medis Kodam V Brawijaya Periksa Kondisi Kesehatan Bayi di Pengungsian Aula Dijaraharja, Candipuro, Lumajang.
Sumber :
  • Hentty Kartika

Trauma Erupsi Gunung Semeru, Lansia dan Anak-Anak di Pengungsian Alami Gangguan Psikis

Rabu, 8 Desember 2021 - 10:06 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Sejumlah orang lanjut usia (lansia) dan anak-anak di Pengungsian Aula Dijaraharja, Candipuro, Lumajang, Jatim mengalami gangguan psikis akibat trauma erupsi Gunung Semeru. Dari hasil pemeriksaan oleh Tim Medis Kodam V Brawijaya yang melakukan bakti sosial pengobatan untuk para korban, ditemukan sejumlah keluhan.

"Dari hasil pemeriksaan kami, yang lansia kebanyakan mengeluh pusing, mual, hipertensi, sedangkan yang anak-anak paling banyak mengeluh batuk pilek. Ada juga yang hipertensi," ujar dr Hazimi Dwinanda yang menjadi bagian Tim Medis Kodam V Brawijaya.

Menurutnya keluhan dan penyakit yang kini dirasakan oleh para pengungsi merupakan dampak dari faktor psikis.

"Hasil analisa kami ada penyakit yang ditemukan mengarah ke faktor psikis, trauma akibat bencana Semeru," tambah Hazimi.

Untuk mengatasi keluhan ini, tim medis melakukan sejumlah hal, seperti trauma healing dengan bermain bagi anak-anak serta memberikan pengobatan untuk gejala yang muncul.

Jika ditemukan pasien yang penyakitnya tidak bisa ditangani di pos pengungsian, maka Kodam V Brawijaya akan kolaborasi dengan tim dinas kesehatan dan dirujuk ke rumah sakit terdekat. (Hentty Kartika/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral