Wujudkan Masyarakat Mandiri, Rutan Labuhan Deli Bangun Ekonomi Warga Binaan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Martinus Sitorus

Wujudkan Masyarakat Mandiri, Rutan Labuhan Deli Bangun Ekonomi Warga Binaan

Rabu, 8 Desember 2021 - 18:16 WIB

Medan, Sumatera Utara - Rumah Tahanan (Rutan) Labuhan Deli berupaya membangun ekonomi bagi narapidana melalui Program Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yakni aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan membangun unit usaha. Demikian disampaikan Kepala Rutan Kelas I Labuhan Deli, Nimrot Sihotang.

 

“Dasar kita membangun kegiatan ini adalah resolusi pemasyarakatan yang diputuskan oleh Direktorat Pemasyarakatan pada tahun 2020. Adapun kegiatan itu terkait dengan sarana asimilasi dan edukasi yang aplikasinya dengan membangun jenis usaha seperti ‘doorsmeer’, bengkel, ‘laundry’, ‘handycraft’, kerajinan hingga pertanian,” katanya.

 

Lebih lanjut Nimrot menjelaskan, upaya tersebut sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Tujuannya untuk memproduktifkan narapidana supaya ikut serta mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional dan membangun peran WBP untuk meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 

“Untuk saat ini, warga binaan yang bekerja di bidang pertanian ada 10 orang dan di perbengkelan ada 25 orang,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral