Jubir Kemlu Lalu Muhammad Iqbal bicara soal oknum penyelundupan warga Rohingya ke Banda Aceh..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Abdul Gani Siregar

Terungkap Penyelundup Pengungsi Rohingya Bisa Raup Keuntungan Fantastis, Jangan Kaget Sebegini Nominalnya

Rabu, 20 Desember 2023 - 20:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Lalu Muhammad Iqbal mengungkapkan oknum penyelundupan warga Rohingya ke Banda Aceh dipatok biaya sebesar Rp 14-16 juta.

"Polresta Banda Aceh telah menetapkan satu tersangka yang dianggap sebagai penyelundup manusia di sini karena dengan sengaja mengajak sejumlah orang untuk melakukan perjalanan ke Aceh dengan sejumlah biaya sekitar 100 ribu sampai dengan 120 ribu Taka, atau sekitar 14 sampai 16 juta rupiah," ungkap dia di Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2023).

Artinya dalam kasus ini telah terbukti ada pihak yang mendapatkan keuntungan finansial.

"Dan dalam hal ini Indonesia sebagai negara pihak di dalam konvensi kejahatan lintas negara punya kewajiban untuk mencegah memerangi dan mempersekusi mereka-mereka yang mengambil keuntungan finansial," jelasnya.

Iqbal menambahkan jangan dilupakan bahwa korban dalam kejahatan penyelundupan tersebut adalah saudara-saudara dari Rohingya.

Sebelumnya, Satuan Reserse Kriminal Polresta Banda Aceh menangkap dan menetapkan tersangka terhadap seorang warga etnis Rohingya Muhammed Amin atau MA dalam kasus dugaan tindak pidana penyeludupan manusia ke Indonesia. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
05:51
01:35
02:53
01:13
01:10
Viral