Resah Lahannya Diserang Tikus, Petani dan Dinas Pertanian Gunungkidul Lakukan Gropyokan Tikus.
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Tikus Serang Lahan Pertanian, Petani Adakan Gropyokan Massal

Jumat, 10 Desember 2021 - 12:46 WIB

Gunungkidul, DIY - Ribuan tikus menyerang lahan pertanian di sejumlah kapanewon di Gunungkidul, Yogyakarta. Serangan hama tikus ini mengakibatkan kerusakan di puluhan hektar lahan petani.

"Sampai sejauh ini, kami mencatat laporan, ada 54 hektar lahan yang rusak diserang hama tikus," terang Jayadi, Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul,  saat ditemui di acara Gerakan Pengendalian tikus di Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen, Kamis (9/12/2021).

"Lahan yang terdampak hama tikus tersebar merata di Gunungkidul, antara lain di Kapanewon Playen, Paliyan, hingga zona selatan seperti Tanjungsari," lanjut Jayadi lagi.

Jayadi menyebut, tingkatan serangan hama tikus saat ini sudah memasuki tahap mengkhawatirkan, dan pihaknya mendorong agar petani turun langsung mengendalikan hama tikus. 

"Setidaknya seperti yang saat ini dilakukan para petani di Desa Dengok ini. Kami bersama petani melakukan gerakan pengendalian dengan cara "gropyokan" tikus secara massal," kata Jayadi.

Metode pengendalian atau pembasmian hama tikus dilakukan menggunakan umpan beracun, emposan belerang, juga menggunakan mercon tikus. Emposan berarti mengembuskan, sejenis metode atau cara membasmi hama tikus. Biasanya menggunakan belerang yang dicampur dengan jerami kering lalu dibakar sehingga menimbulkan asap. Kemudian diarahkan ke lubang tikus. 

"Kami menyediakan umpan sebanyak 100 kilogram dan emposan sekitar 20 kilogram di DPP Gunungkidul, namun bahan-bahan ini hanya sebagai stimulan," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral