Warga Sleman Kirimkan 4 Kuintal Salak Pondoh dan Sembako Untuk Pengungsi Semeru, Minggu (13/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Empat Kuintal Salak Pondoh Gunung Merapi Dikirim Untuk Pengungsi Semeru

Minggu, 12 Desember 2021 - 09:51 WIB

Sleman, DIY - Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, membuat banyak pihak tergerak untuk ikut membantu. Sejumlah warga dan berbagai komunitas bahu-membahu mengirimkan bantuan untuk meringankan para pengungsi terdampak erupsi Semeru.

Sejumlah warga yang tergabung dalam Paguyuban Kawulo Mataram se-Nusantara, juga ikut menyalurkan bantuan ke Semeru. Sekitar 4 kuintal buah salak pondoh dan sembako dikirim ke Pronojiwo, Lumajang menggunakan satu unit truk.

Ketua Umum Paguyuban Kawulo Mataram se-Nusantara Heru Sutrisno mengatakan dipilihnya buah asli lereng Merapi ini sebagai bentuk kenangan sesama warga yang tinggal di kaki gunung.

"Ini ada salak pondoh yang merupakan ciri khas dari Kabupaten Sleman, yang nanti mungkin akan jadi kenangan bagi masyarakat Lumajang bahwa pernah ada bantuan salak pondoh dari Sleman, ini ikonnya buah Kabupaten Sleman, beratnya kurang lebih 4 kuintal," katanya Sabtu (11/12/2021).

Menurut Heru, bantuan yang disalurkan ini berasal dari partisipasi berbagai komunitas dan warga. Donasi yang kebanyakan berupa uang kemudian dibelanjakan berbagai kebutuhan pokok dan salak pondoh.

"Kami kerja sama dengan beberapa komunitas yang ada di Yogyakarta khususnya Sleman mengumpulkan donasi lalu kami belikan sembako dan berbagai macam barang yang dibutuhkan," jelasnya.

Adapun komunitas yang ikut bergabung antara lain, Paguyuban Kawulo Mataram se-Nusantara, Selembar Daun, Padepokan Gadung Mlati, PSHT dan BEM Akademi Analis Kesehatan Manggala. Sebelum mengirimnya ke Lumajang, mereka telah melakukan survei ke lokasi dan membangun posko aliansi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:28
02:37
04:23
07:11
01:01
15:36
Viral