Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan Usai Menghadiri Acara Perfilman Sebagai Lokomotif Kemajuan Industri Kreatif Indonesia di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • tim tvOnenews/Aldi Herlanda

Anies Baswedan Soroti Kenaikan Tarif Sewa Gedung Pertunjukkan Taman Ismail Marzuki (TIM) : Tidak Masuk Akal

Minggu, 21 Januari 2024 - 13:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Anies Baswedan soroti kenaikan harga sewa gedung pertunjukan Taman Ismail Marzuki atau TIM yang berada di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Anies, kenaikan tarif sewa tersebut dirasa tidak masuk akal hanya karena untuk meningkatkan pendapatan pemerintah

"Mangkanya saya tidak masuk akal, Taman Ismail Marzuki diharuskan untuk meningkatkan biaya sewanya, hanya untuk meningkatkan pendapatan pemerintah," kata Anies di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, dikutip Minggu (21/1/2024).

Anies menambahkan, seharusnya Negara memberikan fasilitas untuk kegiatan kebudayaan, bukan sebaliknya yang membebani dengan menaikan harga sewa yang tinggi.

Karena kegiatan kebudayaan, kata Anies, bukan sebagai mencari untung, tetapi sifatnya membangun dan mengembangkan peradaban.

"Karena itu harus negara yg membantu bukan negara yang membebani. Jadi semua fasilitas negara yang bisa untuk memajukan kebudayaan harusnya malah diringankan biayanya bukan malah ditinggikan biayanya. Dan ini filosofi yg mesti dipegang," jelas Anies.

"Kalau ada anak anak yang mau belajar teater harusnya malah dipinjamin tempat bukan malah disuruh bayar tempat," tutupnya.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menaikkan tarif sewa gedung pertunjukan seni budaya, termasuk Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat.

"Terdapat penyesuaian tarif retribusi terhadap Aset Daerah yang dimiliki Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, hal ini berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah," demikian keterangan dari unggahan pengumuman di akun @disbuddki, dikutip Selasa (16/4/2024).

Berikut daftar biaya pemakaian fasilitas pusat Kesenian Jakarta TIM:


Taman Ismail Marzuki (Sumber: ANTARA)

Teater Besar :

•Pelaksanaan acara

Hari kerja Rp 42.000.000 per hari

Akhir pekan Rp 50.000.000 per hari

•Gladi resik dan unloading

Hari kerja Rp 21.000.000 per hari

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral