Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jember Hendy Siswanto.
Sumber :
  • Sinto Sofiadin

Gubernur Jatim Khofifah Tinjau Dampak Gempa Jember, Cek Jalur dan Rambu-Rambu Evakuasi Tsunami

Sabtu, 18 Desember 2021 - 15:08 WIB

Jember, Jawa Timur - Dampak gempa bermagnitudo 5 SR paling banyak terdampak di wilayah pesisir pantai Dusun Watuulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember. Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi terdampak gempa dan membahas mitigasi bencana gempa dengan Pemkab Jember.

Dalam kunjungannya ke Jember, Sabtu (18/12/2021), Khofifah menggelar rapat koordinasi dan paparan dari dampak gempa di Pendapa Wahyawibawagraha. Selanjutnya ia meninjau lokasi pesisir pantai Watuulo yang diketahui terdampak paling parah saat terjadinya gempa, Kamis pagi (16/12/2021).

Dari rapat tersebut, Khofifah mewakili Pemprov Jawa Timur, juga mengajak koordinasi BMKG terkait evaluasi dampak gempa. Yang diketahui memberikan banyak kerusakan bangunan rumah warga, meskipun getaran gempa dinilai cukup kecil 5 SR.

"Pada dasarnya, Ibu Kepala BMKG sudah dua kali menjelaskan tentang beberapa hal yang harus dimitigasi secara serius oleh (wilayah) Jawa Timur. Itu juga dilakukan kepada provinsi yang lain," kata Khofifah saat dikonfirmasi usai rapat koordinasi.

Khofifah menjelaskan, dari informasi yang disampaikan BMKG. Wilayah Provinsi Jawa Timur berada pada wilayah patahan lempeng bumi (ring of fire), yang rentan menyebabkan gempa.

"Patahan itu pada peta, tidak hanya di wilayah Jawa Timur, tetapi juga wilayah lain (selatan Pulau Jawa). Sehingga menjadi kewaspadaan yang sudah harus terkonfirmasi dengan para kepala daerah setempat," katanya.

Terlebih lagi, lanjut Khofifah, terkait early warning soal potensi megathrust yang jauh hari sudah disampaikam BMKG.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral