Seminar Kesehatan Nasional yang bertajuk “Kenaikan Inflasi Medis: Apa Kabar Perusahaan, Rumah Sakit, dan Asuransi?.
Sumber :
  • Istimewa

Seminar Kesehatan Nasional yang bertajuk “Kenaikan Inflasi Medis: Apa Kabar Perusahaan, Rumah Sakit, dan Asuransi?

Kamis, 22 Februari 2024 - 17:10 WIB

tvOnenews.com - Mercer Marsh Benefit (MMB) menyampaikan hasil risetnya dalam Health Trends 2023, bahwa Medical Trend Rate atau biaya Kesehatan di Indonesia meningkat hingga 13,6 persen di 2023. Hal ini diprediksi lebih tinggi dari proyeksi Asia yang berada di angka 11,5 persen, dan melebihi inflasi keuangan Indonesia pada tahun 2022 sebesar 5,5 persen. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam artikel Kompas, juga berpendapat bahwa tingginya angka klaim asuransi kesehatan yang tinggi dipengaruhi oleh adanya over utilisasi layanan medis dan obat di rumah sakit. Faktor-faktor tersebut yang turut mendorong tingkat inflasi medis 2-3 kali lipat dibandingkan inflasi ekonomi secara umum di Indonesia.

Era transformasi, revolusi teknologi, hingga inovasi pelayanan kesehatan yang saat ini berjalan hingga isu kenaikan inflasi medis di Indonesia yang kian tahun selalu melonjak menjadi sebuah fakta tak terelakkan bagi pihak-pihak yang berkepentingan seperti Perusahaan, Rumah Sakit, hingga Asuransi. 

Untuk membahas isu ini lebih dalam, Groopy.id, sebagai platform pertama di Indonesia yang menyediakan Wellness Program bagi para karyawan perusahaan berbasis digital, menggelar Seminar Kesehatan Nasional yang bertajuk “Kenaikan Inflasi Medis: Apa Kabar Perusahaan, Rumah Sakit, dan Asuransi?”.

Seminar Kesehatan Nasional ini diadakan pada tanggal 6 Maret 2024 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat. Bapak Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia akan bertindak sebagai pemberi sambutan, dan seminar ini akan dimoderatori oleh Bapak Prof. Dr. Hasbullah Thabrany, MPH., Dr.PH, Ketua Indonesian Health Economics Association (InaHEA).

Tidak tanggung-tanggung, Groopy.id menggandeng enam narasumber terbaik dan berpengalaman di bidang Kesehatan yang akan memberikan data, teori, hingga opini terkait inflasi medis di Indonesia. Dimulai dari Bapak Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D., AAK selaku ketua BPJS Kesehatan Republik Indonesia; Bapak Budi Tampubolon selaku ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI); Bapak drg. Iing Ichsan Hanafi, MARS, MH. selaku ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia; Bapak Mahendra Siregar, SE., M.Ec selaku Ketua Dewan Komisioner OJK Republik Indonesia; Bapak Ardianto Utomo selaku Vice President PT Marsh Indonesia; serta Bapak Kuntoro Andri Priyanto selaku Direktur Utama Groopy.id.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral