Ekosistem penerbangan yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Penerbangan dan Pariwisata meminta pemerintah melakukan intervensi untuk tetap menjaga tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat..
Sumber :
  • tvOnenews - Rusdi Muslim

Pemerintah Diminta Intervensi Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah untuk Melindungi Maskapai dan Pengguna jasa Penerbangan yang Melonjak Saat Mudik Lebaran

Rabu, 6 Maret 2024 - 09:06 WIB

tvOnenews.com - Ekosistem penerbangan yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Penerbangan dan Pariwisata meminta pemerintah melakukan intervensi untuk tetap menjaga tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat terbang agar tidak melonjak saat musim mudik Lebaran tahun ini. 

"Agar tiket pesawat tetap stabil khususnya saat moment arus mudik Lebaran nanti, dibutuhkan intervensi pemerintah," ujar Ketua Umum GMF Employee Club GMF Aero Asia, Garuda Indonesia group Budi Cahyono. 

Budi menegaskan, intervensi pemerintah diperlukan untuk menjaga harga tiket masih dibatas atas-bawah. 

"Karena jika pemerintah tidak intervensi dikhawatirkan demain yang terlalu tinggi menyebabkan harga tiket tak terkendali," ujarnya. 

Selain itu, kata Budi, harmonisasi semua steakholder ekosistem penerbangan seperti PT Angkasa Pura I dan II, Gapura Angkasa, Airnav, maskapai penerbangan dan lainnya diperlukan agar bisa menekan harga tiket pesawat seminim mungkin dan tidak memberatkan masyarakat. 

"Contohnya Pertamina dan Pemerintah dapat menjaga harga avtur agar tidak naik yang akan efek dominonya memicu kenaikan harga tiket pesawat," kata Budi. 

Mudik Lebaran tahun ini, ujar Budi, merupakan momentum yang baru bagi dunia penerbangan karena memasuki era normal baru pasca pandemi Covid-19. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral