Hidup di era digital butuh kompetensi kecakapan digital..
Sumber :
  • Istimewa

Agar Lebih Mudah Selesaikan Tugas Sekolah, Siswa Butuh Kompetensi Kecakapan Digital

Rabu, 27 Maret 2024 - 18:01 WIB

tvOnenews.com - Hidup di era digital butuh kompetensi kecakapan digital. Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital.

”Selain itu, mereka juga harus paham mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital,” ujar dosen Univeritas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Deny Yudiantoro, saat menjadi narasumber dalam webinar literasi digital untuk siswa dan tenaga pendidik di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Rabu (27/3). 

Dalam diskusi virtual yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau itu, Deny menekankan pentingnya pengetahuan lanskap digital. Yakni, pengetahuan dasar penggunaan perangkat keras, serta pengetahuan dasar operasi perangkat lunak dan aplikasi.

”Pengetahuan lanskap digital juga terkait kemampuan mengetahui dan memahami fungsi perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam mengakses dunia digital. Serta, pengetahuan dasar sistem operasi, aplikasi, dan internet,” kata Deny di depan para pendidik dan siswa yang mengikuti diskusi online tersebut secara nobar.

Dalam diskusi online bertajuk ”Bikin Tugas Lebih Mudah Bila Cakap Digital” itu, Deny menambahkan, pentingnya digital skill akan memberikan keunggulan kompetitif di era teknologi dengan persaingan ketat.

”Menguasai digital skill membuka peluang karier lebih luas, membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, menghadapi tantangan perubahan teknologi dengan lebih siap, juga mendorong kreativitas dan inovasi di berbagai bidang,” urai Deny dalam diskusi yang dipandu moderator Syam Mudho.

Dari perspektif berbeda, dosen sekaligus digital enthusiast M. Adhi Prasnowo meminta pengguna digital memperhatikan batas waktu operasi penggunaan perangkat digital dan aplikasinya. Pembaruan aplikasi perangkat lunak akan memperlancar tugas dan pekerjaan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral