Perahu Rusak Akibat Banjir di Dermaga Palabuhanratu, Sukabumi.
Sumber :
  • Rizki Gustana

Dermaga Perikanan Palabuhanratu Rusak setelah Diterjang Banjir, Perahu Nelayan Terdampar

Jumat, 24 Desember 2021 - 14:02 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) atau Dermaga Palabuhanratu yang berada di Kelurahan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi mengalami sejumlah kerusakan, Jumat (24/12/2021) setelah banjir yang menerjang kawasan tersebut pada Kamis (23/12/2021) sore. Selain itu, banyak perahu nelayan ikut rusak bahkan ada yang terdampar.

Pada saat kejadian, kawasan dermaga berubah menjadi sungai. Penyebab banjir sendiri akibat Sungai Cipalabuhan meluap karena intensitas hujan yang tinggi kemarin.

Pasca diterjang banjir tersebut, sejumlah petugas PPNP dibantu warga dan personel TNI terlihat membersihkan kawasan yang kemarin diterjang banjir. Tumpukan sampah hingga pasir bercampur lumpur terlihat menggunung di sejumlah titik.

Bahkan material batu yang dibawa aliran sungai membuat kolam docking perahu dangkal. Satu perahu milik nelayan terlihat terdampar.

"Posisi perahu sedang docking, kemarin sudah dua hari karena banjir sangat deras air tidak tertahan melimpah ke atas membuat tanggul jebol," kata Teli Supriatna, pemilik perahu.

Teli menyebut ada beberapa kerusakan pada kapalnya akibat banjir. Pasca-luapan dan derasnya air posisi perahu seberat 12 GT miliknya miring. Hal itu mengakibatkan limbah berupa lumpur dan sampah masuk ke area mesin.

"Posisi kapal ini kena limbah pasor dan lumpur, itu masuk ke area dalam mesin. Kemungkinan ya harus dibongkar-bongkar dulu," ujar dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral