Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri) bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (18/4/2024)..
Sumber :
  • Antara

Jelang Vote di DK PBB, China Tegaskan Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Kamis, 18 April 2024 - 14:15 WIB

tvOnenews.com - China Tegaskan Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh PBB. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Ia mengatakan pihaknya mendukung masuknya Palestina sebagai anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta terwujudnya solusi dua negara demi mengakhiri konflik Israel-Palestina.

"China meminta Dewan Keamanan PBB untuk sesegera mungkin menerima Palestina menjadi anggota resmi PBB," kata Wang dalam pernyataan pers bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Kamis.

Wang Yi menyatakan bahwa posisi China terkait konflik Israel-Palestina sama dengan Indonesia, yaitu bahwa solusi dua negara harus diwujudkan dan peran DK PBB dalam hal penyelesaian konflik amat penting.

“Kami juga menyerukan konferensi perdamaian internasional yang lebih luas, berwibawa, serta efektif agar bisa menghasilkan jalan untuk mewujudkan solusi dua negara,” kata dia.

Wang mendesak penerapan Resolusi DK PBB Nomor 2728 secara menyeluruh dan efektif. Resolusi tersebut berhasil diadopsi pada 25 Maret 2024 setelah Amerika Serikat tidak memveto dokumen tersebut dan memilih abstain.

Sebelumnya pada April lalu, Palestina menyerahkan surat permohonan untuk peninjauan agar pengajuan negara itu menjadi anggota penuh PBB dapat diperbarui.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral