Sungai Serayu di Desa Banjarparakan, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas, saat jasad Handi Saputra dievakuasi. (Dokumentasi)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Jadi Lokasi Penemuan Jasad Dua Sejoli Nagreg, Ini Fakta Tentang Sungai Serayu

Rabu, 29 Desember 2021 - 10:10 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Kasus kecelakaan Nagreg yang berujung pembuangan dua korbannya, terkuak sudah. Tiga oknum anggota TNI, salah satunya berangkat kolonel, menjadi pelaku.

Para pelaku diketahui membuang kedua jasad korban, yakni Handi Saputra dan Salsabila di Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Berikut ini, sejumlah fakta tentang Sungai Serayu:

1. Melintas Lima Kabupaten

Sungai Serayu berhulu di lereng Gunung Prahu di wilayah Dieng, Kabupaten Wonosobo. Mata airnya dikenal sebagai Tuk Bima Lukar (mata air Bima Lukar). Mengalir sepanjang 181 Km, melalui Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas dan bermuara di Samudera Hindia Kabupaten Cilacap.

2.  Terdapat Dua Bendungan Besar

Ada dua bendung besar di Sungai Serayu, tepatnya satu bendungan dan satu bendung. Pertama Bendungan Pangsar Soedirman, atau dikenal Waduk Mrican di Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara. Waduk ini mengaliri area persawahan di Kabupaten Banjarnegara dan Purbalingga, serta menghasilkan listrik 184,5 Megawatt. Lalu ada Bendung Gerak Serayu, di antara Kecamatan Rawalo dan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Bendung yang dibangun tahun 1996 ini untuk mengaliri areal persawahan di Kabupaten Banyumas dan Cilacap.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
Viral