SMAN 1 Bangil, Pasuruan, Jatim.
Sumber :
  • Yogie Anggara

SMA Negeri 1 di Bangil Pasuruan Diganti jadi Taruna Madani, Sebagian Masyarakat Protes

Jumat, 31 Desember 2021 - 09:17 WIB

Pasuruan, Jawa Timur - Kebijakan Pemprov Jatim yang memutuskan  mentransformasi SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan Jawa Timur menjadi SMA Taruna Madani memunculkan pro dan kontra di tengah masyarakat setempat. 

Suara penolakan pun sejumlah pihak termasuk para alumni SMAN 1 Bangil dituangkan pula dalam aksi penandatanganan petisi di change.org.

Petisi berjudul "KEMBALIKAN SMA NEGERI 1 BANGIL KAMI !!!!" yang dibuat oleh akun Aliansi Alumni SMANBA bahkan telah mendapat dukungan sebanyak 3.079 tanda tangan.

Pada keterangan yang menyertai petisi ini disebutkan bahwa saat ini berdasarkan aturan Permendikbud Nomor 01 Tahun 2021 SMAN 1 Bangil harus memprioritaskan penerimaan siswa dari Kecamatan Bangil sendiri.

Dengan diubahnya SMAN 1 Bangil menjadi SMA Taruna Madani, maka sekolah bisa menerima siswa-siswa baru dari luar daerah. Tak hanya itu, biaya sekolah juga bakal makin mahal.

"Terus ke mana kami warga Bangil dan sekitarnya bersekolah? Karena SMA negeri lainnya masih memberlakukan PPDB zonasi, apakah kami dipaksa harus sekolah di luar SMA negeri?" demikian tertulis dalam petisi tersebut.

Salah seorang alumni SMANBA, Shiva, pada tvonenews.com mengatakan, SMAN 1 Bangil adalah sejarah perjalanan 41 tahun masyarakat Bangil dan sekitarnya yang tidak dapat digantikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral