Relawan sedang melakukan pemasangan CCTV di salah satu tower..
Sumber :
  • tvone - wawan s

Dukung Sistem Peringatan Dini Semeru, Relawan Gabungan Pasang CCTV

Minggu, 9 Januari 2022 - 13:03 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Dua unit tower setinggi 15 meter ini telah terpasang di dua lokasi berbeda, yakni di sekitar Dusun Sumbersari dan Dusun Curah Kobokan di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Selanjutnya, pada tower ini, akan dipasang masing-masing dua unit CCTV di tower Curah Kobokan dan satu unit lagi di tower Sumbersari.

“Ketiga CCTV ini, akan disambungkan secara online dengan posko pemantauan induk di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Candipuro,” ujar Wisnu selaku koordinator pemasangan CCTV, Minggu (09/01/2022).

Pemasangan CCTV yang akan diarahkan ke hilir sungai Curah Kobokan dan Gunung Semeru ini akan difungsikan selama 24 jam penuh dengan menggunakan daya listrik tenaga surya atau panel surya.

Keberadaan CCTV ini lanjutnya, sebagai informasi pendukung untuk pos pantau Gunung Sawur yang terpusat di Dusun Kajar Kuning. Informasi yang didapat dari rekaman CCTV ini bisa berguna bagi masyarakat dari hulu hingga hilir yang berada di aliran lahar Semeru.

“Kami berharap, dengan pemasangan tiga unit CCTV di Sumbersari dan Curah Kobokan ini, akan mampu mengurangi risiko bencana, yang diakibatkan erupsi maupun banjir lahar dingin Semeru,” imbuh Wisnu.

Selain memasang kamera pemantau, relawan juga telah mendirikan tower radio pancar ulang atau repeater di sekitar Desa Sumberwuluh. Nantinya, tower radio tersebut dapat dimanfaatkan warga dan relawan sebagai sarana komunikasi dan pemantauan dari hulu, hilir, hingga muara di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru.

“Semoga, semua upaya yang telah kami lakukan ini, bisa bermanfaat bagi warga lereng Gunung Semeru khususnya dan masyarakat Kabupaten Lumajang pada umumnya,” pungkas Wisnu. (Iwan/Ard)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral