Bandara Haji Aroeppala Kepulauan Selayar.
Sumber :
  • Asril Ihsan

Dampak Pandemi Covid-19, Jadwal Penerbangan ke Bandara H Aroeppala Kepulauan Selayar Sulsel Dikurangi

Minggu, 9 Januari 2022 - 17:24 WIB

Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan – Pandemi Covid-19 banyak berdampak pada sebagian penerbangan. Salah satunya adalah jadwal penerbangan ke Bandara Aroeppala Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan dikurangi. Dari yang sebelumnya setiap hari menjadi hanya dua kali dalam sepekan.

Bukan saja jadwal penerbangan yang di kurangi namun, tiga maskapai penerbangan yang melayani rute Bandara Internasional Hasanuddin Makassar ke Bandara Haji Aroeppala Selayar selama ini sekarang hanya tersisa satu maskapai saja. 

Selama pandemi Covid-19  melanda jalur transportasi udara ke Kabupaten Kulauan Selayar Sulawesi Selatan menurun drastis, bukan saja penumpang yang mengalami penurunan namun jumlah maskapai penerbangan yang melayani rute Kepulauan Selayar ke Bandara Internasional Hasanuddin Makassar juga hanya tersisa satu maskapai. Itupun hanya terbang dua kali sepekan yakni setiap hari Jumat dan Minggu. Dari sebelumnya sebelum pandemi, penerbangan ke Bandara Selayar dilakukan setiap hari oleh semua maskapai yang melayani rute Bandara Internasional Hasanuddin Makassar dan Bandara Haji Aroeppala Selayar. 

Menurut pihak Bandara Selayar  adanya maskapai penerbangan yang tidak lagi melayani rute Bandara Internasional Hasanuddin Makassar dan Bandara Haji Aroeppala Selayar disebabkan karena biaya operasional maskapai penerbangan yang tidak memungkinkan. 

Sementara maskapai yang melayani saat ini terpaksa memangkas jadwal penerbangan dari setiap hari dua kali menjadi dua kali sepekan. Akibatnya jumlah pengguna jasa penerbangan ke Selayar banyak yang beralih menggunakan jasa transportasi darat dan transportasi laut ke Selayar. 

Belum diketahui apakah penerbangan ke Kabupaten Kepulauan Selayar bisa kembali normal atau kemungkinan akan dihentikan. mengingat pandemi saat ini masih terus berlanjut. 

Sementara itu sejumlah pengguna jasa penerbangan di Kepulauan Selayar berharap agar rute penerbangan Makassar-Selayar dan sebaliknya kembali lancer. Mengingat jalur transportasi udara ke Makassar dan daerah lain di Sulsel dari dan ke Kepulauan Selayar adalah merupakan jalur utama dan teramai sebelum pandemi Covid-19 melanda. (asril/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:18
14:22
10:10
05:38
05:41
Viral