Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun saat di Kampus UII, Yogyakarta, Selasa (17/5/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Beri Kuliah Umum di UII, Dubes Palestina: Terima Kasih Atas Dukungan Indonesia

Selasa, 17 Mei 2022 - 19:50 WIB

Sleman, DIY - Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun mengatakan, negaranya akan terus berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan di tanah mereka sendiri. Mereka bahkan akan terus melawan penindasan yang dilakukan oleh Zionis Israel.

"Sudah sekitar 74 tahun untuk mengenang Nakba, ketika Israel menempati Palestina. Sejak saat itu, warga Palestina, sekitar 6,5 juta, menjadi pengungsi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Kedzaliman yang dilakukan oleh beberapa negara untuk mengelabui bahwa Palestina adalah rumah mereka," kata Zuhair saat memberikan kuliah umum di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Selasa (17/5/2022).

Dijelaskan Zuhair, sejak awal beberapa pihak memang ingin menduduki Palestina karena letaknya yang strategis. PBB akhirnya membagi wilayah tersebut dengan porsi 56 persen untuk Israel dan 44 persen untuk Palestina.

Awalnya rekonsiliasi dilakukan dengan baik, khususnya membagi wilayah Palestina dan Israel dengan memberikan sisi timur Al Quds dan West Bank untuk Palestina. Namun belakangan Israel justru terus mencaplok wilayah Palestina hingga bertambah 22 persen menjadi 78 persen.

Presiden Palestina saat itu, Yasser Arafat bahkan pernah menerima dukungan dari 44 negara untuk mengakui kemerdekaan Palestina. Akan tetapi hal ini batal terwujud karena adanya konspirasi Yahudi untuk menggagalkannya.

"Orang Palestina menerima kedatangan bangsa Yahudi namun bangsa Yahudi tidak menerima kehadiran bangsa Muslim dengan baik," terang Zuhair.

Menurutnya, Israel selama ini telah melanggar banyak kesepakatan yang sudah dibuat. Israel juga kerap melanggar aturan kemanusiaan karena mendapat dukungan dari Amerika Serikat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral