Pemerintah Kota Surabaya kembali menggelar CFD di pagi hari untuk Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan mulai Minggu (22/5) besok..
Sumber :
  • Kominfo Surabaya

Jakarta dan Surabaya Kompak Gelar CFD Besok, Ini Lokasi dan Jam Operasionalnya di Kota Pahlawan

Sabtu, 21 Mei 2022 - 13:17 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) mulai Minggu (22/5) besok. Kompak, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga melakukan hal serupa di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo.

Sebelumnya pada bulan Ramadan, Pemkot Surabaya juga telah menggelar CFD pada sore hari sebagai ajang berburu takjil. Namun kini waktu pelaksanaannya kembali digelar mulai pagi hari sejak pukul 06.00-09.00 WIB, pada minggu pertama hingga ketiga setiap bulannya.

Kepada Bidang Penataan dan Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Andhini Kusumawardani menyebut bahwa lokasi CFD lainya akan dibuka secara bertahap di setiap bulannya melihat hasil asesmen di dua lokasi tersebut. Kawasan yang belum dibuka antara lain Kertajaya, Kembang Jepun, dan Jemursari.

“Nantinya di setiap pintu masuk area CFD akan disiapkan aplikasi Peduli Lindungi dan masyarakat diharapkan tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan,” terang Nina sapaan lekatnya.

Terkait kapasitas pengunjung, pihaknya menjelaskan bahwa berdasarkan hasil asesmen Satgas Covid-19, dalam pelaksanaan CFD kali ini masih terdapat pembatasan jumlah pengunjung. CFD di kawasan Jalan Darmo berkapasitas 1.000 orang, sementaar untuk CFD di kawasan Jalan Tunjungan dibatasi hanya 500 orang.

“Selain CFD yang kembali dilaksanakan pada pagi hari, kami juga berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (DKUKMP) untuk menyiapkan UMKM-nya, sehingga masyarakat bisa menikmati produk UMKM di sejumlah kawasan tersebut,” ucapnya.

Masyarakat bisa mengunjungi lapak-lapak UMKM di sekitar Taman Bungkul untuk CFD di kawasan Jalan Darmo. Sementara untuk CFD di kawasan Jalan Tunjungan, lapak UMKM bisa dikunjungi di dua titik yakni Jalan Genteng Besar dan Jalan Tanjung Anom.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral