ilustrasi: Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Sumber :
  • iStock Photo

Only One Earth, Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2022

Minggu, 5 Juni 2022 - 12:34 WIB

Jakarta - Setiap tanggal 5 Juni, masyarakat dunia memperingati World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Dikutip dari laman Instagram resmi United Nations Environment Programme (UNEP), tema yang diangtak dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini adalah #OnlyOneEarth. 

Pemilihan topik tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat dunia dapat hidup harmonis dengan alam. Tahun ini, Swedia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Penyelenggaraan ini bertepatan dengan peringatan 50 tahun Konvensi Stockholm (1972), dimana lahirnya sebuah traktat internasional pertama, dengan fokus terhadap perlindungan lingkungan dan kesehatan umat manusia dari bahan kimia beracun.

Hari Lingkungan Hidup sedunia pertama kali diputuskan dalam sidang umum PBB bersamaan dengan konferensi lingkungan hidup di Stockholm, Swedia, pada tanggal 5 - 16 Juni 1972. 

Tema yang pertama kali diusung pada konferensi tersebut adalah Only One Earth, sama dengan tema yang kembali diusung tahun ini. 

Momentum ini tercipta dengan tujuan meningkatkan kesadaran global terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini karena masalah lingkungan di sebuah negara, sangat berpotensi untuk berimbas ke negara atau wilayah lain.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:48
01:38
04:27
01:33
02:33
Viral