Komponen Listrik di 11 Gardu di Pekanbaru, Riau, Hilang Dicuri.
Sumber :
  • Arifin

Komponen PLN Dicuri, Listrik di Sebagian Pekanbaru Padam

Kamis, 26 Agustus 2021 - 15:52 WIB

Pekanbaru, Riau - Komponen listrik milik PLN UP3 Pekanbaru hilang dicuri. Akibatnya, jaringan listrik di sejumlah wilayah kerja PLN (Persero) Riau, padam. Komponen listrik di 11 gardu hilang dicuri.

"Banyak komponen listrik yang dicuri setelah kita cek ke lokasi. Di lokasi petugas kita menemukan kunci gardu rusak. LS board kita juga sudah tak terkunci," kata Humas PLN UP3 Pekanbaru, Dwi Ramdhani, Kamis (26/8).

Menurut Dwi, aksi pencurian komponen PLN oleh orang tidak dikenal pertama kali diketahui sekitar pukul 10.41 WIB di wilayah kerja ULP Lipat Kain, Kabupaten Kampar. Itu berawal dari laporan masyarakat terkait adanya pemadaman di daerah tersebut.

"Kemudian petugas turun ke lokasi. Di lokasi, petugas melihat kotak kunci gardu yang digembok dalam kondisi rusak. Ada orang yang merusaknya," ucap Dwi.

Tak hanya itu, petugas juga melihat sejumlah komponen arus listrik hilang dari dari dalam boks gardu.

Dwi menjelaskan, LS Board adalah salah satu komponen pada jaringan listrik yang berfungsi sebagai pengendali, pelindung, dan pembagi aliran listrik. Ini bersumber dari gardu distribusi atau trafo ke saluran pelayanan atau ke pelanggan.

"Nah, ketika komponen listrik dicuri, maka jaringan listrik di Riau bisa terganggu, ini berdampak pada layanan kami kepada masyarakat," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral