Kantor Imigrasi.
Sumber :
  • Ronaldo Bramantyo/tvOne

Buat Paspor Jadi Lebih Mudah dan Cepat Pakai Aplikasi M-Paspor

Kamis, 23 Juni 2022 - 10:38 WIB

Wonosobo, Jawa Tengah – Kini, buat paspor jadi lebih mudah dan cepat dengan memanfaatkan aplikasi M-Paspor atau Mobile Paspor. M-Paspor diluncurkan sebagai pengganti aplikasi antrian paspor online.

Kepala Seksi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo Mirza Dwitri Patria mengatakan M-Paspor merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk pengajuan permohonan paspor baru dan pengganti paspor secara online.

Kelebihan dari M-Paspor, yaitu menjamin masyarakat bisa mendapatkan antrian untuk layanan pengajuan paspor dan kepastian pemohon dilayani di hari kedatangan yang dipilih, tidak menggunakan kertas (paperless), layanan mudah dan cepat.

"Kini layanan publik, termasuk permohonan pembuatan paspor, beralih ke aplikasi online atau sistem digital. Jadi ketika mengurus penerbitan paspor tidak perlu membawa dokumen banyak berupa kertas foto copy seperti dulu. Istilahnya paperless. Cukup mengunggah dokumen melalui aplikasi M-Paspor," ujarnya, Rabu (22/6/2022).

Dia menambahkan, pemohon paspor cukup meng-upload foto dokumen asli seperti E-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah dan surat nikah ke aplikasi M-Paspor menggunakan gadget yang sudah tersambung ke sistem kantor imigrasi.

"Syarat dan ketentuan pengajuan permohonan masih sama seperti peraturan yang ada. Hanya caranya yang berbeda menggunakan aplikasi mobile," terangnya.

Untuk warga yang hendak membuat paspor melalui aplikasi M-Paspor tak perlu khawatir jika terjadi kesalahan saat meng-upload dokumen ke aplikasi M-Paspor.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral