Kampanye anti-kekerasan seksual yang dilakukan pegawai KAI Commuter.
Sumber :
  • Syifa Aulia

KAI Commuter Pasang 18 CCTV Analitik yang Bisa Pindai Wajah Pelaku Pelecehan Seksual

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:05 WIB

Jakarta -  KAI Commuter mengadakan kampanye cegah pelecehan seksual bertajuk "Anti Kekerasan dan Pelecehan Terhadap Wanita di Transportasi Publik" kepada pengguna commuter di beberapa stasiun, seperti Stasiun Tanah Abang, Stasiun Cikarang, dan Stasiun Bogor. 

Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar mengatakan kampanye ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindak kekerasan dan pelecehan seksual di transportasi umum, khususnya KRL. 

"Kampanye ini penting untuk mengajak kepada masyarakat supaya ketika menggunakan layanan transportasi KRL tetap saling peduli, menghargai, dan menghormati sesama pelanggan sehingga dapat terwujud transportasi kereta api yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan," ungkap Roppiq, melalui keterangan tertulis, Rabu (29/6/2022).

Dalam hal ini, VP Corporate Secretary Anne Purba mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa hal untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual di lingkungan KAI.

Menurut Anne, KAI telah memasang CCTV analitik di 18 titik pada beberapa stasiun untuk mendeteksi wajah pengguna jasa KRL agar tak bisa masuk ke stasiun. Meski demikian, sistem tersebut masih dalam penyempurnaan.

"Sehingga ketika masuk di satu stasiun kami bisa antisipasi agar mereka tidak masuk ke dalam KRL. Tetapi memang ini masih dalam tahap penyempurnaan karena bisa saja pelaku memakai masker, pakai topi," jelas Anne dalam konferensi pers di Stasiun Tanah Abang, Rabu (29/6/2022).

Lebih lanjut, ia menegaskan KAI sudah menjalin kolaborasi dengan penegak hukum supaya SOP mengenai penanganan kasus kekerasan seksual bisa lebih mudah ditangani sehingga korban merasa terlindungi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral