Presiden Abdurrahman Wahid.
Sumber :
  • NU Online

Presiden Gus Dur Bawa Pakaian Menggunakan Kardus Saat Kunjungan Kenegaraan Ke China

Minggu, 3 Juli 2022 - 05:57 WIB

Jakarta - Mantan Presiden ke-4 Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, memang terkenal akan sikap kesederhanaannya. Baik sebelum maupun selama menjabat sebagai orang nomor satu di tanah air.

Ada banyak cerita yang menggambarkan kesederhanaan Gus Dur dalam kesehariannya, salah satu yang menarik adalah cerita ketika Gus Dur membawa pakaiannya menggunakan kardus ketika hendak melakukan perjalanan kenegaraan ke China.

Peristiwa tersebut terjadi di Istana Negara. Saat itu, rohaniawan Katolik yang juga Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat, Romo Prof. Franz Magnis Suseno merasa heran ketika melihat ada tumpukan kardus mie instan di salah satu sudut kamar Istana Negara.

Kardus itu berisi pakaian dan sudah diikat rapi menggunakan tali rafia. Karena penasaran, Romo Magnis lalu bertanya kepada salah seorang staf Presiden. 

“Itu pakaian punya siapa sih, kok ditumpuk kayak gitu?” tanya Romo Magnis kepada staf presiden, seperti yang dikutip tvOnenews dari laman NU Online, pada Minggu (3/7/2022).

“itu baju-baju Presiden Gus Dur untuk kunjungan kenegaraan ke Tiongkok,” jawab staf presiden.

Romo Magnis terkejut mendengar jawaban tersebut, ia heran seorang Kepala Negara yang bersiap untuk kunjungan resmi kenegaraan tapi terlihat seperti hendak mudik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
Viral