Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas mengenai PPKM.
Sumber :
  • Humas Setkab/Rahmat

Presiden Jokowi Minta Jemaah Haji yang Pulang ke Tanah Air Dapat Vaksin Booster

Selasa, 19 Juli 2022 - 12:31 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk mempercepat pemberian vaksin Covid-19 penguat atau booster bagi masyarakat dan jemaah haji yang baru pulang ke Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan arahan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan rapat terbatas mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (18/7/2022).

"Bapak Presiden memberikan arahan untuk semua jemaah haji yang baru pulang dan belum di-booster diminta sambil menunggu di asrama haji sebelum dijemput keluarganya," ujar Budi dikutip dari siaran tertulis Sekretariat Kabinet.

Budi mengatakan beberapa kegiatan masyarakat nantinya akan diwajibkan sudah dapat vaksin booster untuk mencegah penularan serta mengurangi jumlah kasus positif harian.

"Hal ini bertujuan untuk melindungi masyarakat kalau terkena. Jangan sampai nanti masuk rumah sakit dan jangan sampai wafat," imbuhnya.

Sejauh ini vaksin penguat telah terbukti efektif dalam memberikan proteksi ekstra bagi masyarakat dari kemungkinan dirawat di rumah sakit maupun meninggal.

"Secara persentase pasien Covid-19 yang meninggal paling tinggi adalah orang yang belum divaksin atau yang baru divaksin satu kali. Yang divaksin dua kali jauh menurun persentase kematiannya kalau terinfeksi dan yang di-booster sudah sangat menurun persentase wafatnya kalau kena," pungkas Budi. (pag/nsi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
04:19
Viral