Ilustrasi Haji.
Sumber :
  • Kemenag

81 Jemaah Haji Indonesia Wafat, Mayoritas Serangan Jantung

Senin, 1 Agustus 2022 - 18:30 WIB

Jakarta - Jumlah jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Arab Saudi bertambah menjadi 81 orang. Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah mencatat dari 81 haji yang meninggal dunia, sebagian besar disebabkan oleh penyakit kardiovascular- penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekkah Muhammad Imran merinci dari 81 haji yang meninggal, sebanyak 45 disebabkan kardiovascular, 15 orang syok atau penyebab lainnya, dan 21 karena penyakit terkait pernapasan.

Imran mencatat meninggalnya jamaah itu terjadi  setelah mereka melakukan puncak haji di Arafah, Muzdhalifah, dan Mina (Armuzna) karena dipicu kelelahan.

"(Kematian) disebabkan karena kelelahan yang cukup tinggi terutama pada saat Armuzna sehingga menyebabkan jemaah yang punya komorbid terkontrol karena kelelahan harus menjalani perawatan di RS termasuk KKHI," kata Imran di Makkah, Minggu, (31/7/2022) dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Imran mengatakan bahwa kematian jamaah haji juga karena kelelahan dan dehidrasi. Ia beralasan kardiovaskular bukan hanya karena seseorang punya penyakit komorbid, seperti jantung, diabetes, dan hipertensi, melainkan bisa juga tanpa komorbid tapi karena kelelahan dan juga mungkin usia sehingga mudah terkena serangan jantung.

Diketahui, Pusat Kesehatan Haji menargetkan penurunan angka kematian jamaah haji Indonesia di bawah dua per mil. Saat ini sebanyak 23 haji dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi dan 10 orang dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah. (pag/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral