Tanah dari Tebing yang Longsor di Jalan Utama Sijunjung, Sumbar, Menutupi Sebagian Besar Jalan.
Sumber :
  • Beni Roska

Tanah Longsor, Jalan Utama Kabupaten Sijujung Lumpuh

Sabtu, 11 September 2021 - 17:30 WIB

Sijunjung, Sumatera Barat – Tebing di jalan utama menuju Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, longsor. Tanah setinggi empat meter dan sepanjang 8 meter itu menutupi akses satu-satunya itu tertutup tanah. Akibat kejadian tersebut jalur menjadi lumpuh.

Untunglah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-Polri, dan masyarakat turun ke lokasi untuk membersihkan material longsor dari jalan tersebut.

Warga memakai alat seadanya. Sementara BPBD menurunkan satu unit alat berat untuk mempercepat proses pembersihan jalan sehingga pengguna jalan bisa ke kota maupun sebaliknya.

Kegiatan ini sempat menghambat arus lalu lintas warga dari Nagari Koto Baru—Muaro Bodi, maupun sebaliknya. Kendaraan roda dua maupun empat terpaksa berhenti. Namun dalam kurun waktu dua jam, jalan telah dibersihkan sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

Katim BPBD Kabupaten Sijunjung Kasman mengatakan, cepatnya proses pembersihan merupakan hasil kerja sama warga dan petugas.

“Kejadian longsor tersebut sekitar pukul 7.30 WIB, laporan ke BPBD melalui wali nagari sehingga kami turun ke lapangan memantau situasi longsor sambil menunggu alat berat untuk membuang tumpukan material di tengah jalan,” ujar Kasman.

Dia mengimbau seluruh masyarakat terutama penggna jalan agar selalu berhati-hati karena adanya ancaman tanah longsor, pohon tumbang, serta angin kencang di kondisi cuaca saat ini. (Beni Roska/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral