Telapak Tangan Pasien Kasus Cacar Monyet dari Lodja, Sebuah Kota di Dalam Zona Kesehatan Katako-Kombe, Terlihat Selama Penyelidikan Kesehatan di Republik Demokratik Kongo Pada 1997.
Sumber :
  • ANTARA

Dinkes DKI Jakarta Pastikan Pasien Cacar Monyet Membaik, Tapi Masih dalam Pantauan 

Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:38 WIB

Jakarta - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Lies Dwi Oktavia, mengatakan bahwa pasien yang terjangkit Virus Cacar Monyet telah mengalami kebaikan.

"Kondisi pasien berangsur membaik," kata Lies saat dihubungi, Kamis (25/8/2022).

Meski pun begitu, pasien itu tetap dalam pantauan Dinkes DKI Jakarta apabila mengalami gangguan atau keluhan kesehatan, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lie mengatakan bahwa sebelum ditemukan pasien dengan Virus Cacar Monyet di Indonesia, pihaknya telah mengambil sikap antisipasi terhadap monkeypox atau cacar monyet.

Menurutnya, kewaspadaan Dinkes DKI Jakarta telah berlangsung sejak dua hingga tiga bulan. Pihaknya telah melakukan beberapa pengecekan terhadap pasien terduga terjangkit cacar monyet, namun hasil laboratorium menunjukkan hasil negatif. 

"Kami sudah pernah menemukan beberapa pasien terduga yang kemudian setelah pemeriksaan lab hasilnya negatif," kata Lies.

Hingga akhirnya ada satu pasien yang terjangkit Virus Cacar Monyet. Namun mewakili Dinkes DKI Jakarta, Lies mengatakan pasien sudah menerima pengobatan dan kondisi kesehatan berangsur membaik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:54
05:57
02:20
02:52
01:10
01:35
Viral