Menara Masjid yang Rusak akibat Disambar Petir di Kabupaten Sukabumi.
Sumber :
  • Rizki Gustana

Tersambar Petir, Masjid di Sukabumi Rusak Berat

Selasa, 14 September 2021 - 10:23 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Sebuah masjid di Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, rusak dengan kategori berat akibat tersambar petir yang disertai hujan lebat.

Peristiwa yang terjadi di Kampung Pair Bitung RT 004/002 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi ini terjadi pada saat hujan yang disertai angin kencang. Tiba-tiba petir menyambar keras menara masjid tersebut sehingga bagian atap masjid dan menara hancur.

Posisi masjid jami Al-Kausar tepat berada di pinggir sawah, sehingga sangat terlihat jelas kerusakan masjid tersebut pada bagian atap dan menara. Pengeras suara di dalam menara dan rusak akibat sambaran petir tersebut.

''Kejadian menara dan bagian atap tersambar petir ini pada Senin sore kemarin, hujan dan petir melanda kawasan Curugkembar sehingga mengakibatkan rusaknya atap dan rusaknya menara masjid,'' kata petugas piket Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Heri Mansuri melalui sambungan telepon.

''Beruntung pada saat kejadian jemaah masjid usai melakukan sembahyang ashar sehingga tidak memakan korban jiwa, tetapi genting dan kayu penopang menara tersebut jatuh berserakan ke dalam masjid tersebut,'' jelasnya.

Heri menambahkan, akibat kejadian ini kerugian ditaksir mencapai Rp20 jutaan. Pihaknya pun telah mengimbau masyarakat agar selalu waspada apabila terdapat kejadian serupa. Apalagi intensitas hujan di wilayah Kabupaten Sukabumi sedang tinggi.

Menurut siaran pers Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis update untuk masyarakat mewaspadai hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan wilayah Indonesia termasuk Sukabumi. Berdasarakan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi hujan lebat dan disertai kilat, petir, hingga angin kencang dalam periode 13—20  September 2021. (Rizki Gustana/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral