Petugas Tertibkan Tambang Ilegal di Bangka Barat.
Sumber :
  • Frendy Primadana

Kacau, Ada Tambang Timah Ilegal Berskala Besar di Hutan Lindung Milik Negara

Rabu, 15 September 2021 - 14:52 WIB

Bangka Barat, Bangka Belitung - Garap hutan lindung mangrove milik negara seluas sepuluh hektar, tambang timah illegal skala besar digerebek tim sergap gabungan yang terdiri dari anggota Polres Bangka Barat, Polsek Muntok, Kodim Bangka Barat, dan Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung (Babel). Penggerebekan itu berlangsung, Selasa (14/9).

Aktivitas tambang timah ilegal itu berlangsung di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten bangka Barat, para penambang kerap juga sudah berulang kali diimbau untuk hentikan kegiatannya. Namun mereka tetap membandel. Aktivitas haram ini ditaksir telah merugikan negara ratusan miliar rupiah.

Ketika penggerebekan berlangsung, melihat tim gabungan datang ke lokasi, para penambang lari kocar-kacir. Mereka kabur ke dalam hutan.

Dari tambang illegal tersebut tim gabungan berhasil mengamankan beberapa mesin, selang pipa,dan  alat pencuci timah. Petugas kemudian menghancurkan seluruh pondok-pondok penambang yang dibangun dengan kayu dan besi.

Kabag Ops Polres Bangka Barat Kompol Evry Susanto mengatakan, kepolisian akan menindak tegas aktivtas penambangan timah ilegal, mulai dari penambang, pemilik mesin, pembeli timah, serta pemodal.

“Aktivitas penambangan timah ilegal ini, seluruhnya akan kita telusuri dan akan kita panggil,” kata Evry.

Pihaknya pun akan memberikan tindakan hukum, jika ke depannya nanti masih ada masyarakat yang masih terus nekat menambang timah ilegal di kawasan hutan mangrove milik negara tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral