Air Bercampur Lumpur di Rumah Warga Korban Banjir Bandang, Luwu, Sulsel.
Sumber :
  • Haswadi

Banjir Luwu Bercampur Lumpur, Mirip Peristiwa Masamba

Kamis, 23 September 2021 - 07:36 WIB

Luwu, Sulawesi Selatan - Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel) merusak sejumlah fasiltas umum dan rumah warga. Banjir yang disebabkan meluapnya sungai Makawa, bercampur lumpur tebal. Campuran lumpur membuat bencana ini mirip peristiwa banjir Masamba, Luwu Utara, Juli 2020 lalu.

Menurut warga, banjir kali ini cukup parah. Mery warga Desa Bosso Timur mengatakan baru kali ini rumahnya dipenuhi lumpur. Padahal jika terjadi banjir tidak pernah bercampur lumpur.

"Hampir tiap tahun banjir, tapi kali ini cukup parah dan bercampur lumpur. Kami jadi ingat banjir di Masamba tahun lalu," kata Mery sambil membersihkan rumahnya dari lumpur tebal.

Sementara dr Fadly Isra, Ketua Relawan Public Safety Center 119 Palopo mengatakan, lumpur yang terbawa saat banjir bisa jadi disebabkan tanah longsor. Sehingga dia meminta warga agar tetap waspada dan siaga banjir susulan.

"Mengingat cuaca yang cukup ekstrim, jadi memang harus selalu waspada khususnya daerah rawan banjir,” katanya Fadly.

Sejumlah warga korban banjir memilih mengungsi di rumah warga di pegunungan. Lokasi ini dilanggap lebih aman. (Haswadi/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral