Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) M Mufti Mubarok.
Sumber :
  • BPKN

BPKN Desak DPR Rekomendasi BPOM sebagai Penanggungjawab Kasus Gagal Ginjal Akut

Sabtu, 5 November 2022 - 22:04 WIB

Jakarta - Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mendesak DPR RI mengeluarkan rekomendasi agar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menjadi penanggungjawab terkait kasus gagal ginjal akut yang menewaskan ratusan anak

Pasalnya, BPKN menilai kasus tersebut timbul terkait adanya peredaran obat sirop dengan kandungan senyawa Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (EG) dengan ambang batas yang melebihi ketentuannya. 

"Kami akan minta DPR mendesak untuk ada keputusan dari DPR merekomendasikan bahwa yang bersalah adalah (BPOM) kan begitu," ungkap Wakil Ketua BPKN, M Mufti Mubarok saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (5/11/2022). 

Mufti menambahkan, akibat kelalaian pengawasan dari BPOM, ratusan korban telah meninggal dunia akibat gagal ginjal akut. 

"Sebenarnya ini sudah ketahuan yang 90 persen siapa biang keroknya (BPOM) begitu. Tetapi kan secara komprehensif dari seluruh elemen belum menyatakan. Nah itu dalam rangka untuk kesimpulan ini kita perlu waktu untuk mempertemukan seluruh sumber, seluruh fakta, seluruh temuan-temuan lapangan," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, sudah 179 anak meninggal dunia akibat gagal ginjal akut.

BPKN meminta Pemerintah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus gagal ginjal akut.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral