Bangunan Sekolah Satu Atap di Desa Batu Merah Ambruk Diterjang Banjir Bandang.
Sumber :
  • Rifandi Kamaru

Sekolah Ini Tak Lagi Bisa Dipakai karena Ambruk Diterjang Banjir Bandang

Selasa, 28 September 2021 - 07:42 WIB

Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara - Bangunan sekolah satu atap yang berada di Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara ini tak lagi bisa digunakan, setelah ambruk akibat diterjang banjir bandang. Saat dikunjungi pada Senin (27/9) kondisinya memprihatinkan.

Bencana itu melanda kawasan ini pada Rabu (22/9) pekan lalu. Banjir bercampur lumpur dan berbagai material itu merusak bangunan sekolah satu atap yang terdiri dari TK,SD,SMP ini  rusak parah dan tidak bisa digunakan lagi untuk kegiatan belajar-mengajar. Sebab, seluruh ruangan dipenuhi lumpur, kayu, dan batu.

Alat berat yang didatangkan tak bisa masuk ke area sekolah. Sehingga operator hanya bisa membersihkan bekas banjir bandang di ruas jalan dan rumah penduduk yang terdampak. Lumpur, kayu, dan batu yang ada di sekolah dibersihkan relawan dengan peralatan seadanya.

Kepala Desa Batu Merah, Yokber Sasundu mengatakan, banjir bandang yang terjadi di Desa Batu Merah ini tak hanya merusak bangunan sekolah satu atap.

"Banjir bandang yang terjadi di Desa Batu Merah, selain mengakibatkan bangunan sekolah rusak parah juga terdapat lima rumah warga yang rusak parah, satu rumah di antaranya hanyut,” ujar Yokber.

Hingga sepekan pasca-bencana, belum semua material bisa dibersihkan. Warga pun masih kesulitan mendapat air bersih. Saat ini masih ada dua puluh keluarga yang mengungsi karena berbagai material bekas banjir bandang menumpuk di tempat tinggalnya. (Rifandi Kamaru/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral