RSUD Sumbawa yang Akan Menjadi Lokasi Perawatan ODGJ.
Sumber :
  • Irwansyah

RSUD Sumbawa Ditunjuk Rawat ODGJ Se-Pulau Sumbawa 

Kamis, 30 September 2021 - 08:50 WIB

Sumbawa Besar, NTB - Rumah Sakit Umum Daerah, RSUD Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ditunjuk sebagai rumah sakit yang akan merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ, di Pulau Sumbawa.

RSUD Sumbawa, dianggap layak menjadi pusat perawatan jiwa bagi pasien gangguan jiwa atau mental se-Pulau Sumbawa. Kelayakan ini setelah pihak BPJS melakukan visitasi belum lama ini. 

"RSUD Sumbawa sudah ditunjuk menjadi pusat perawatan jiwa bagi pasien gangguan jiwa di Pulau Sumbawa,” kata Direktur RSUD Sumbawa dr. Dede Hasan Basri kepada tvonenews.com, Rabu (29/9). 

Menurutnya, RSUD Sumbawa terus menjadi rujukan, bukan hanya Sumbawa tapi kabupaten/kota lainnya di wilayah Pulau Sumbawa. 

"Ini karena rumah sakit kebanggaan daerah ini terus melakukan inovasi. Setelah pemeriksaan CT-Scan, kesehatan calon TKI/TKW dan akan menyusul pelayanan pasien cuci darah. Kini satu lagi pelayanannya yakni perawatan ODGJ," katanya. 

Selain perawatan jiwa, sambung dr. Dede, RSUD juga menjadi Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yakni pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, dan/atau lembaga rehabilitasi yang ditunjuk oleh pemerintah. 

"Ini dikhususkan untuk merawat atau merehabilitasi para pecandu Narkotika yang sudah cukup umur. Dari proses pengobatan secara terpadu ini dapat membebaskan pecandu, penyalahguna, dan korban penyalahgunaan narkotika dari ketergantungan narkotika," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral