Penampakan Sampah di Gelora Bung Karno Usai Acara Nusantara Bersatu.
Sumber :
  • Istimewa

Sampah Berserakan Usai Acara Relawan Jokowi di GBK, Begini Klarifikasi Panitia

Selasa, 29 November 2022 - 17:16 WIB

Jakarta - Anggota Steering Committee acara Nusantara Bersatu Silfester Matutina klarifikasi soal sampah berserakan usai acara relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (26/11/2022).

Silfester mengklaim pihaknya telah menyediakan tempat sampah. Namun, dia menilai penyebabnya adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk buang sampah pada tempatnya.  

"Hanya memang budaya buang sampah ini di masyarakat kita kan belum terlalu disosialisasikan dengan baik, kan," kata dia saat dihubungi, Selasa (29/11/2022). 

Silfester mengatakan banyaknya sampah yang dihasilkan usai acara tersebut adalah sebuah kewajaran. Pasalnya, acara silaturahmi relawan Jokowi itu diklaim dihadiri oleh lebih dari 150 ribu orang. 

Namun, dirinya mengklaim sampah-sampah tersebut langsung dibersihkan oleh petugas.  

"Kami bukan enggak mengerti, ya wajar aja ada sampah namanya orang begitu banyak datang, setiap acara pasti ada sampah ya kan, tapi kan dalam sekejap kita bersihkan, kecuali kita tinggalkan, enggak kita bersihkan itu salah," jelasnya. 

"Siapapun itu bukan hanya masalah relawan, siapapun, acara apapun akan meninggalkan sampah yang begitu banyak," tambahnya.  

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral