Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Pegasus Hall Jakarta International Equastrian Park Pulomas, Jakarta Timur, pada Rabu (7/12/2022)..
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar/tvonenews.com

PSI Sayangkan Putusan Heru Budi Tak Libatkan DPRD saat Copot Marullah sebagai Sekda DKI

Kamis, 8 Desember 2022 - 21:16 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI August Hamonangan menyayangkan keputusan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang tidak berkomunikasi terlebih dahulu dengan dewan terkait pencopotan jabatan Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

“Harusnya dalam mengambil kebijakan penggantian Sekda Provinsi DKI tersebut, Pj Gubernur mengusulkan terlebih dahulu ke lembaga DPRD DKI Jakarta berikut siapa calon penggantinya,” kata August, saat dihubungi media, Kamis (8/12/2022).
August mengaku setiap fraksi ingin melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit n proper test pada calon yang diajukan maju sebagai Sekda DKI yang baru.

“Tentunya kami, fraksi-fraksi berkeinginan melakukan fit and proper test terhadap calon yang diajukan sehingga protes dan kekecewaan masyarakat seperti saat ini tidak terjadi,” jelasnya.

Di sisi lain, dia mengaku kecewa dengan Heru yang menggantikan Marullah sebagai Sekda menjadi Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta. 

Kebijakan yang kurang bijaksana tersebut dinilai menghilangkan wadah untuk menampung aspirasi warga DKI Jakarta, terkhusus masyarakat Betawi.

“Saya juga memandang kebijakan penggantian Sekdaprov tersebut kurang bijaksana, selain tidak mewadahi aspirasi warga DKI, khususnya masyarakat Betawi,” tuturnya.

Sementara dari PSI sendiri memasang kriteria yang tepat untuk mengisi posisi kosong tersebut adalah seperti Marullah Matali. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral