siswi saat membuat minuman herbal di Sumbawa.
Sumber :
  • Tim tvOne

Siswi SMK di Sumbawa Ciptakan Minuman Herbal untuk Imunitas

Minggu, 3 Oktober 2021 - 12:38 WIB

Sumbawa Besar, NTB - Minuman herbal buatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Ma'arif, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sangat digemari dan dicari oleh warga karena dipercaya bisa menambah daya tahan tubuh terutama disaat pandemi Covid-19 saat ini.

Tim Home Care SMK Al-Ma’arif Sumbawa, berhasil membuat minuman herbal dari bahan bahan yang mereka tanam sendiri di pekarangan sekolah yang diberi nama Wedang Jahe dan Wedang Kencur. 

Minuman penghangat tubuh ini dibuat oleh Tim Home Care, yang merupakan siswi SMK Al Ma'arid jurusan Asisten Keperawatan. Mereka adalah Mariana, Putri Kania, Yeni Fatmawati, dan Rasti Safitri.

Mariana, kepada tvonenews.com,  menjelaskan, cara membuat wedang Jahe, cukup sederhana. Bahannya terdiri dari 5 siung jahe bakar, 2 batang sereh, gula merah, air putih dan garam.

Cara pembuatannya, panaskan air putih secukupnya, larutkan gulah merah, selanjutnya, masukan jahe bakar yang sudah ditumbuk bersamaan dengan sereh yang telah digeprek. Tambahkan garam secukupnya, lalu masak selama 5-6 menit. Wedang Jahe siap dihidangkan.

Sementara untuk pembuatan Wedang Kencur lanjut siswa kelas 3 Jurusan Asisten Keperawatan ini, tidak jauh berbeda dengan Wedang Jahe. Hanya saja, rempahnya lebih banyak. Terdiri dari Kencur, Kunyit, Jahe, Beras, dan Air Putih, Gula Merah dan Garam.

Cara pembuatannya, pertama-tama, rendam beras selama 1 jam menggunakan air hangat, lalu haluskan menggunakan blender. Kemudian, rebus irisan kunyit, kencur, jahe dan gula merah secara terpisah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:28
04:58
01:44
02:05
04:10
05:46
Viral