ILUSTRASI - El Nino dan La Nina.
Sumber :
  • Express.co.uk

Ini Dampak El Nino dan La Nina pada Cuaca di Indonesia

Sabtu, 17 Desember 2022 - 12:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - El Nino dan La Nina merupakan satu gejala yang menunjukkan adanya perubahan pada iklim bumi.

Melansir situs pusatkrisis.kemkes.go.id, El Nino merupakan kejadian di mana suhu air laut yang ada di Samudra Pasifik memanas di atas rata-rata suhu normal. Sedangkan, La Nina merupakan peristiwa turunnya suhu air laut di Samudera Pasifik di bawah suhu rata-rata sekitarnya.

Pada umumnya, pengaruh El Nino terhadap Indonesia adalah membuat suhu permukaan air laut di sekitar Indonesia menurun yang berakibat pada berkurangnya pembentukan awan yang membuat curah hujan menurun. Akan tetapi, kandungan klorofil-a pada lautan Indonesia meningkat.

Kandungan klorofil-a yang meningkat berarti meningkatnya pasokan makanan di lautan Indonesia yang tentunya meningkatkan jumlah ikan yang ada di sekitar perairan Indonesia.

Sementara itu, dampak La Nina adalah meningkatnya curah hujan di wilayah Pasifik Ekuatorial Barat. Indonesia termasuk di dalamnya.

La Nina membuat cuaca cenderung menjadi hangat dan lebih lembap. Fenomena La Nina yang meningkatkan curah hujan membuat cuaca pada musim kemarau Indonesia menjadi lebih basah.

La Nina akan sangat terasa dampaknya bagi kota dan daerah yang tidak mempunyai resapan air yang bagus seperti DKI Jakarta. Pasalnya, hujan yang terjadi selama beberapa jam sudah cukup untuk membuat Jakarta tergenang banjir.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:47
07:30
01:22
02:38
02:46
02:43
Viral