Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.
Sumber :
  • ANTARA

Kemenkeu Jawab Aksi Protes Bupati Kepulauan Meranti Terkait Dana Bagi Hasil yang Dinilai Kurang

Jumat, 16 Desember 2022 - 14:45 WIB

Jakarta - Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI Putut Hari Satyaka menyatakan bahwa dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat (Pempus) kepada Kabupaten Kepulauan Meranti itu sangat besar daripada sumbangan penerimaan negara dari daerah tersebut. 

Putut sebut pemerintah telah menyediakan anggaran belanja lebih dari Rp 3.000 triliun pada tahun ini. 

Kemudian dari total anggaran tersebut sebesar Rp 804,8 triliun itu akan dibagikan secara langsung ke daerah-daerah melalui transfer ke daerah, termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Jadi kalau bisa dilihat imbangnya, berapa sih yang diambil dari Meranti, dibandingkan yang dikembalikan pemerintah pusat lewat berbagai belanja pusat atau daerah? Itu jauh lebih tinggi yang dikeluarkan pusat untuk Kabupaten Meranti," jelas Putut, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2022). 

Sementara diketahui, Pemerintah Pusat juga mengeluarkan anggaran belanja mencapai Rp 2.000 triliun. Kendati demikian, Putut mengatakan meski namanya belanja pusat tetapi hasil dari belanja tersebut juga dinikmati oleh masyarakat di seluruh daerah Indonesia. 

Bahkan dia sebut belanja yang digelontorkan untuk Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri jauh lebih besar jika dibandingkan dengan penerimaan negara yang diperoleh dari daerah tersebut.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral