Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • Istimewa

Belajar dari Krisis Oksigen Saat Pandemi Covid-19, Menko PMK: Harus Ada Kebijakan Agar Industri Oksigen Bisa Dibuat Merata

Kamis, 22 Desember 2022 - 11:42 WIB

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menilai pentingnya pengelolaan oksigen medis yang baik.

Hal itu menurut Muhadjir, meskipun pandemi sudah melandai, ketersediaan oksigen medis di setiap fasilitas kesehatan harus bisa memenuhi kebutuhan berkelanjutan dalam menghadapi situasi tak terduga.

"Harapannya jangan sampai terulang lagi terjadi kelangkaan oksigen apapun alasannya, apakah jumlah stoknya terbatas, ataupun mekanisme sistem supply yang kurang bagus itu harus dibenahi," ujar Menko PMK dalam kegiatan penyerahan Roadmap Peta Respon Oksigen dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) kepada Menko PMK, di Kantor Kemenko PMK, yang dikutip pada Kamis (22/12/2022).

Acara tersebut juga dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sudirman, Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan,Program Manager Sustainable Access to Medical Oxygen (SAM-O2) Iin Inayah, dan perwakilan lembaga kemanusiaan.

Berdasarkan pengalamannya saat turun lapangan dalam dua tahun pandemi, Muhadjir memaparkan, kelangkaan oksigen pada masa Covid-19 bukan soal stok yang tidak tersedia. 

“Tetapi manajemen penyediaan oksigen di fasilitas kesehatan. Misalnya terkait tender oksigen dari perusahan satu dengan yang lainnya, kemudian persoalan harga dan lainnya,” katanya.

Kemudian juga masalah lainnya adalah tidak meratanya pabrik oksigen di Indonesia. Menurutnya, sebagian besar pabrik oksigen terkonsentrasi di Pulau Jawa. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
02:00
00:49
02:08
00:40
01:30
Viral