Kepala BMKG Dwikorita Dwikorita Karnawati.
Sumber :
  • ANTARA

BMKG Paparkan Potensi Cuaca di Beberapa Wilayah Indonesia

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:27 WIB

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi terkait dengan adanya cuaca buruk yang terjadi di musim liburan akhir tahun 2022.  

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual ada Selasa (27/12/2022). 

Salah satu hal yang disampaikan olehnya adalah antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya cuaca buruk sebagaimana pertumbuhan awan hujan di Indonesia yang masih berpotensi menjadi ekstrem untuk satu minggu kedepan di wilayah Indonesia. 

“Untuk potensi cuaca hari ini sampai dengan besok (28/12/2022), yang perlu disiagakan adalah di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, dan Papua Barat,” ujar Dwikorita. 

Untuk potensi hujan intensitas signifikan dikatakan Dwikorita pada periode (27/12/2022) sampai dengan (2/01/2023) dapat terjadi di wilayah-wilayah seperti Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

“Ini adalah potensi hujan lebat hingga sangat lebat yang kemudian bisa menjadi hebat atau ekstrem,” katanya.

Lebih jauh Dwikorita mengatakan bahwa potensi hujan yang sedang hingga lebat bisa terjadi di Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara, Papua Barat, dan Papua. (mg7/put)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral