Ilustrasi Hujan yang Mengguyur Jakarta.
Sumber :
  • tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Hadapi Cuaca Ekstrem, Pemprov DKI Jakarta Terapkan 2 Pola Teknik Modifikasi Cuaca

Rabu, 28 Desember 2022 - 15:21 WIB

Jakarta - Isu terkait dinamika cuaca di DKI Jakarta menjelang akhir tahun 2022 terus berkembang di masyarakat. BPBD DKI Jakarta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. 

Membahas rencana pelaksanaan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) bersinergi dengan Wings Udara 1 Skuadron 2 TNI AU, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Berdasarkan hasil koordinasi dengan TNI AU dan BRIN, terdapat dua pola penanganan untuk TMC. 

"Pertama, dengan metode 'jumping process' atau memprematurkan awan hujan untuk dicegat masuk ke wilayah Jakarta sehingga menjadi lurus dan hujan yang terjadi hanya sekedar gerimis," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, di Jakarta, pada Rabu (28/12/2022). 

"Kedua, dengan pola kompetisi yakni membakar bahan semaian garam dengan mengganggu pertumbuhan awan dengan cara menambah ini kondensasi," sambungnya. 

Diketahui, TMC hanya efektif dilakukan pada pagi hari hingga pukul 17.00 dengan hasil efektif akan terjadi dalam 4-15 jam ke depan. 

"TMC dapat disiapkan untuk dilaksanakan di Jakarta, apabila sudah ada penetapan status siaga darurat oleh kepala daerah. Terhadap hal ini, BNPB menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan TMC yang dibantu oleh TNI AU, BRIN, dan BMKG," pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral