Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Rekam Jejak KSAL Muhammad Ali, Mantan Komandan Kapal Selam Nanggala yang Gantikan Laksamana Yudo Margono

Rabu, 28 Desember 2022 - 16:08 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022) resmi melantik Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang menjabat sebagai Panglima TNI. 

Pelantikan Muhammad Ali berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 100 TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), yang ditetapkan di Jakarta pada 28 Desember 2022. 

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Muhammad Ali mengucap sumpah jabatan, seperti didikte oleh Presiden Jokowi. 

Selanjutnya, Ali juga berjanji akan menjalankan tugas serta menjunjung tinggi etika jabatan bekerja sebagai Kasal. 


Pelantikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali (Setpres)

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Ali. 

Usai pengucapan sumpah, Presiden Jokowi kemudian melakukan prosesi penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan Kasal kepada Muhammad Ali. Saat itu, Muhammad Ali langsung naik pangkat dari laksamana madya menjadi laksamana atau bintang empat. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral