Anggota Babinsa Tolong Seorang Lansia yang Terjebak Banjir di Kecamatan Aruta, Kalbar.
Sumber :
  • Jemberi

Lansia Terjebak Banjir Aruta, Babinsa Turun Tangan Evakuasi Korban

Rabu, 6 Oktober 2021 - 09:13 WIB

Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah - Setelah diguyur hujan terus menerus semenjak seminggu yang lalu, sejumlah wilayah Kecamatan Aruta kembali terendam banjir seperti di Kelurahan Pangkut, Desa Pandau dan Desa Gandis. Sejumlah warga terjebak akibat banjir itu, sehingga memerlukan bantuan evakuasi. Salah satu penduduk yang diselamatkan adalah seorang wanita lanjut usia (lansia) yang rumahnya terendam air, Rabu (6/10).

Danramil 1014-04/Aruta Lettu Czi M.Yunus mengatakan, banjir terjadi akibat hujan terus menerus itu menyebabkan meluapnya sungai Arut yang ada di wilayah Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. 

“Saya memerintahkan para Babinsa untuk mengambil tindakan dengan membantu mengevakuasi warga yang rumahnya terkena banjir," katanya.

Ia menambahkan, para Babinsa di jajarannya selalu siap membantu dan mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. 

Selain permukiman penduduk, banjir juga menggenangi jalan, dengan ketinggian air mencapai 50-90 cm. Sejumlah fasilitas umum juga ikut terendam seperti sekolah dan tempat ibadah. Pengendara roda empat dan roda dua terpaksa menunggu hingga banjir surut agar bisa melintas.

Dengan sigap dan dengan penuh rasa tanggung jawab Babinsa Koramil 1014-04/Aruta membantu evakuasi warga yang rumahnya terkena banjir terutama wanita, anak-anak, dan lansia.

“Selain membantu mengevakuasi warga yang terkena dampak banjir ke tempat yang aman, kami juga terus memonitor keadaan serta situasi di wilayah binaan kami, sekaligus mendata kerugian yang dialami warga yang diakibatkan banjir. Untuk korban jiwa nihil, sementara 20 rumah warga terendam banjir sedalam 5-90 sentimeter," ujar Praka Eko Yuli, Babinsa Kelurahan Pangkut Koramil 1014-04/Aruta. (Jamberi/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral