Ferdy Sambo saat di Ruang Sidang PN Jaksel.
Sumber :
  • tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Jika Ferdy Sambo Perintah 'Hajar' ke Bharada E, Ahli: Tidak Bisa Dimintai Pertanggungjawaban Pidana

Selasa, 3 Januari 2023 - 18:20 WIB

Jakarta - Ahli hukum pidana dari Universitas Hasanuddin, Said Karim menilai Ferdy Sambo tidak dapat dihukum jika hanya memerintahkan 'hajar' kepada Bharada E alias Richard Eliezer. 

Sebelumya, Said Karim dihadirkan tim kuasa hukum Ferdy Sambo sebagai saksi meringankan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). 

Menurut Said, penganjur yang menganjurkan diterima berbeda oleh si penerima, maka perbuatan tersebut bukan merupakan tindak pidana. 

"Jadi, dalam hal yang seperti ini menurut pengetahuan hukum yang saya pahami, penganjur tidak dapat dimintai pertanggungjawaban pidana terhadap pidana terhadap perbuatan yang tidak dia anjurkan. Tidak bisa," kata Said di PN Jaksel, Selasa (3/1/2023). 

Said memberi ilustrasi pihak menganjurkan untuk memukul, tetapi ternyata yang diperintah memiliki kuasa lain, itu akan berbeda pandangan. 

Menurutnya, pihak penerima perintah seharusnya tidak mudah dalam mengambil keputusan dalam menghabisi nyawa seseorang. 

"Karena yang bersangkutan (penerima perintah) itu pelaku peserta memiliki senjata api, dia tidak memukul, tetapi langsung tembak. Dia tembak lagi biasanya, kan, orang menembak berkualifikasi mulai dari kaki, dia akan menembak langsung ke daerah yang mematikan," jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral