Ruang Rapat di Gedung DPR RI.
Sumber :
  • dpr.go.id

Formappi Sebut Banyak Parpol Koalisi Jokowi di Senayan Jadi Alasan DPR Lembek ke Pemerintah

Jumat, 6 Januari 2023 - 21:25 WIB

Jakarta - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mengkritisi DPR yang tidak tegas dan tidak kritis terhadap pemerintah. 

Direktur Eksekutif Bidang Kelembagaan Formappi, I Made Leo Wiratma, mengatakan DPR kurang tegas dalam melaksanakan semua fungsinya, baik fungsi anggaran, legislasi, maupun pengawasan. 

"Saya juga setuju kenapa ini bisa terjadi karena gemuknya koalisi pemerintah di parlemen. Sehingga dengan mudah mereka akan mengiyakan apa yang diberikan oleh pemerintah," ujar Made dalam diskusi daring, Jumat (6/1/2023). 

Dia lantas menyinggung DPR yang tidak kritis dalam pembuatan undang-undang (UU) atau selalu menuruti keinginan pemerintah. 

Dia memberikan contoh melalui Perppu Cipta Kerja yang dikeluarkan Presiden Jokowi. Made menilai Perppu itu nantinya akan disetujui DPR. 

"Kenapa begitu? Karena dalam pembuatan UU sebelumnya mereka kan ikut membuat. Atas dosa-dosanya itu, maka DPR juga mengiyakan Perppu-perppu yang justru untuk mengesahkan perbuatan mereka," jelasnya. 

Kemudian dalam bidang anggaran, Made mengaku heran mengapa DPR selalu menambahkan jumlah anggaran yang diajukan oleh pemerintah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral