Petugas Bujuk Monyet Turun dari Atap Rumah Warga.
Sumber :
  • Edy Cahyono

Sering Bikin Panik Warga, Damkar Batu Tangkap Monyet yang Berkeliaran di Permukiman

Kamis, 7 Oktober 2021 - 07:38 WIB

Batu, Jawa Timur - Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu berhasil menangkap seekor monyet liar yang sering membuat panik warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

"Kalau laporan warga sejauh ini belum ada yang digigit atau dilukai. Hanya saja mereka resah dengan keberadaan kera itu," terang petugas Rescue DPKP Kota Batu, Karman. 

Menurutnya, awal penangkapan monyet bermula ketika warga kaget melihat adanya primata berkeliaran di sekitar jalan dan atap warga. Mereka pun langsung menghubungi petugas sekitar pukul 10.45 dan ketiga petugas langsung mendatangi lokasi pada pukul 11.00 WIB.

"Proses penangkapan kera tersebut memakan waktu sekitar 15 menit. Awalnya saya coba tangkap pakai jaket tapi dia menghindar, akhirnya saya pancing menggunakan makanan, saat mendekat saya jerat pakai tali tambang," terangnya Rabu (6/10).

Saat ditangkap, monyet tersebut sempat menggigit, tetapi karena petugas mengenakan APD jadi tidak sampai terluka. Karman menduga bila monyet pernah dipelihara terus lepas atau memang sengaja dilepas oleh pemiliknya.

"Sekarang kera saya bawa ke kantor DPKP dirawat dahulu, dalam waktu dekat kita serahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)," tutupnya. (Edy Cahyono/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
20:11
13:31
06:01
02:57
02:49
01:28
Viral