Petugas Cek Keadaan Warga di Lokasi Banjir Kotawaringin Timur.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Banjir Lagi di Kotawaringin Timur, Kali Ini Rendam Seribuan Rumah di Pedalaman 

Kamis, 7 Oktober 2021 - 10:32 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Musibah banjir kembali melanda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah. Wilayah pedalaman yang terendam kini semakin luas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim mencatat sedikitnya ada seribu rumah yang terdampak banjir.

"Ini adalah musibah banjir yang terjadi untuk ketiga kalinya di sana (pedalaman), sejak awal tahun hingga sekarang. Jika intensitas hujan masih tinggi, maka baniir akan terus terjadi," ungkap Kepala BPBD Kotim, Rihel Magat, Kamis (7/10).

Adapun wilayah di Kotim yang terdampak pada banjir yang ketiga ini, masih sama seperti banjir sebelumnya, yaitu terdiri dari 5 kecamatan, 35 desa dan 1.256 rumah yang terendam. Untuk ketinggian air, rata-rata antara 25 cm hingga 125 cm.

Kecamatan Mentaya Hulu yang hampir seluruh desanya berada di bantaran sungai Kuayan, adalah yang paling parah kondisinya. Dari 14 desa yang ada di kecamatan tersebut, 12 di antaranya kebanjiran dan 586 rumah terendam.

"Sejauh ini jumlah wilayah yang terdampak tidaklah sebanyak dan separah banjir yang pertama dan kedua lalu. Namun demikian kondisi cuaca yang masih berpeluang terjadinya hujan, hendaknya warga di pedalaman perlu senantiasa selalu waspada," kata Rihel lagi.

Disebutkan Rihel, sementara ini pihaknya masih belum menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak. Sebab berdasarkan laporan dari pemerintah desa, untuk logistik warga masih terbilang cukup karena baru saja disalurkan saat banjir kedua lalu.

"Tapi pada prinsipnya kami siap kapan saja menyalurkan bantuan logistik jika memang ada desa yang memerlukan," pungkasnya. (Didi Syachwani/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral