Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat Rakornas Forkopimda.
Sumber :
  • Istimewa

Kapolri Minta Anggotanya Ikut Andil dalam Penggunaan APBD di Pemda

Rabu, 18 Januari 2023 - 17:01 WIB

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta anggotanya terlibat melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada setiap pemerintah daerah. 

Kapolri menginstruksikan kepada seluruh jajarannya di wilayah Indonesia untuk memberikan pendampingan kepada Pemda terkait dengan penggunaan anggaran tersebut. 

"Sering menjadi masalah ada keraguan terkait pemanfaatan penggunaan dana yang tersedia di daerah. Saya minta pada rekan-rekan khususnya satgas dan teman-teman yang terlibat didalamnya untuk betul-betul berikan pendampingan dalam hal penggunaan anggaran," kata Sigit dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Listyo mengatakan penggunaan APBN maupun APBD menjadi salah satu yang diharapkan dapat memutar roda perekonomian selain investasi. 

Karenanya, jika APBN dan APBD dapat terserap dengan pihaknya menilai bakal berdampak akan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 1,6 hingga 1,7 persen. 

Kendati demikian, Listyo mengingatkan kepada seluruh personel Polri harus melakukan pendampingan secara profesional sehingga tidak terjadi keraguan dalam penyerapan anggaran yang ada. 

"Baik dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan lain-lain. Pastikan bisa terserap kalau Pak Presiden minta di atas 90 persen bagaimana caranya sehingga putaran di daerah bisa berjalan," ungkap Sigit. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral