Tsai Ing-wen klaim Taiwan tak akan tunduk oleh china.
Sumber :
  • Istimewa

Tegas! Tsai Ing-wen: Taiwan Tak Akan Tunduk Pada China

Senin, 11 Oktober 2021 - 01:28 WIB

Taiwan - Taiwan akan tetap meningkatkan pertahanannya untuk memastikan tidak ada satupun pihak yang bisa memaksa Negaranya menerima jalan yang telah dibuat oleh China. Pernyataan tersebut dilontarkan Presiden Tsai Ing-wen hari Minggu, dalam sebuah pernyataan balasan kepada Beijing.

Tsai Ing-wen memberikan jalan yang tak menawarkan baik kebebasan maupun demokrasi, dalam sebuah pernyataan balasan kepada Beijing.

Diklaim oleh China sebagai wilayahnya, Taiwan kini berada di bawah tekanan militer dan politik untuk menerima pemerintahan China, termasuk misi-misi angkatan udara China yang berulang-ulang di wilayah identifikasi pertahanan udara Taiwan, hingga kekhawatiran internasional.

Presiden China, Xi Jinping, bersumpah pada hari Sabtu untuk merealisasikan "reunifikasi damai" dengan Taiwan dan tidak secara langsung menyebutkan penggunaan kekuatan. Namun, tetap saja ia mendapatkan reaksi kemarahan dari Taipei yang menyatakan hanya rakyat Taiwan-lah yang dapat menentukan masa depan sendiri.

Dalam pidato Hari Nasional, Tsai mengatakan ia berharap ketegangan di sepanjang Semenanjung Taiwan dapat mereda dan menegaskan kembali bahwa Taiwan tidak akan "bertindak terburu-buru".

"Namun harus tidak ada ilusi bahwa rakyat Taiwan akan tunduk pada tekanan," katanya dalam pidato di luar kantor presiden di Taipei pusat.

"Kita akan terus meningkatkan pertahanan nasional kita dan menunjukkan determinasi kita untuk membela diri kita sendiri guna memastikan bahwa tidak ada yang bisa memaksa Taiwan untuk mengambil jalur yang telah disiapkan China bagi kita," tambah Tsai.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral